Strategi SEO Tahun 2024 Yang Penuh Tantangan

Bagaimana strategi seo yang benar untuk tahun 2025 dengan persiapan khusus pada di kuartal 2024 , apa teknik dan metode yang mesti diubah agar relevan dengan algoritma google yang berubah ubah setiap waktu. Mari pelajari bersama secara bertahap dari yang paling dasar bersama TheDigital.id

Apa itu seo dan kenapa makin banyak orang tertarik untuk belajar mempraktekkan seo , termasuk prediksi para ahli yang menyatakan jika seo akan memainkan peranan lebih kuat pada tahun 2024 dan 2025 dibandingkan tahun tahun sebelumnya? Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut maka TheDigital.id ingin menegaskan bahwa penjelasan yang disampaikan disini merupakan bagian dari keunikan ide yang tidak selalu benar sebagaimana prinsip seorang yang membebaskan pikirannya dalam memahami arti sebuah blog (baca atau klik link tersebut jika anda tertarik).

Penulis menganggap siapapun yang kebetulan menemukan konten dengan pembahasan masalah seo disini berarti karena mempunyai pemikiran yang bebas dan menyatakan sepakat bahwa pandangan , acuan dan arahan yang akan diberikan tidak akan selalu memberikan hasil sama ketika dipraktekkan. Meskipun demikian , mari kita lakukan analisis bersama konsep konsep fundamental lewat 19 argumen penalaran secara obyektif untuk membantu pembaca lebih sukses dalam menerapkan kemampuan seo. Ini kesembilan belas hal yang layak dipahami dan dipraktekkan :

1. Mengartikan dan Meredefinisi Ulang Masalah SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation / Optimization atau proses optimasi yang melibatkan kerja sistematis untuk membantu website meraih hasil terbaik di mesin mesin pencari yang ada di dunia. Sebagai sebuah proses, seo melibatkan banyak faktor , daya dukung dan kombinasi sistem , dimana semua proses yang berlangsung memiliki target utama menjadikan website / blog mencapai keunggulan di hasil pencarian .

Untuk menuju keunggulan tersebut , seorang pelaku seo harus terbuka dan dinamis, karena proses yang berjalan terbukti mengalami perubahan demi perubahan , sementara perubahan itu berada dalam kendali pihak ketiga yang bernama mesin pencari. Satu contoh , jika seorang mengoptimasi website pada mesin pencari google  maka perubahan sistem pemeringkatan baru yang berlaku di google akan berdampak pada hasil terbaru yang ditampilkan .

Dampak perubahan terbaru  memiliki dua kemungkinan ,yaitu efek yang menguntungkan berupa peningkatan rangking atau sebaliknya , menjungkalkan website anda dari tahta puncak kesuksesan yang selama bertahun tahun sudah berada dalam genggaman. Demikian halnya dengan website yang bergantung pada hasil pencarian search engine lain seperti Bing , maka perubahan yang dilakukan oleh Bing bisa berimbas pada hasil terbaru yang mereka tampilan kepada calon konsumen.

Para pelaku seo yang lebih berpangalaman menyadari sepenuhnya akan pentingnya mengubah pengertian , karena kesalahan dalam mengartikan apa itu seo terbukti telah memicu kegagalan dimasa depan yang telah susah payah dibangun dan kegagalan itu sama saja dengan kehilangan pangsa pasar unik , sementara pada saat bersamaan ceruk pasar unik tersebut sudah pasti diambil oleh mereka yang sudah lebih real dalam memberi arti pada apa dan bagaimana seo itu.

Lalu bagaimana cara mengartikan ulang seo atau kita akan terus berpandangan kalau seo itu memang sekedar optimasi untuk mesin pencari hingga apapun yang dikerjakan karena ingin jadi yang terbaik di hasil pencarian searh engine ? Point kedua di bawah ini jangan anda lewatkan , siapa tahu bisa menjadi jawaban dalam mengubah pengertian yang lebih menguntungkan bagi masa depan kita semua.

2. SEO bukan sekedar strategi untuk merekayasa hasil pencarian

Mari jawab satu pertanyaan sederhana ini  ” Apakah anda akan menutup toko online atau website dan blog yang sudah dibangun  bertahun tahun ketika mesin pencari tiba tiba hilang  dari peredaran ?” Jika jawaban anda kemungkinan “ya” atau “bingung” maka memang ada hal hal yang perlu diperbaiki dalam memahami seo. Bukan hanya anda yang akan kebingungan , tetapi ada banyak bisnis online yang bisa terdampak ketika google tiba tiba tidak bisa diakses atau menutup layanan mereka.

Sebagian besar orang yang mempraktekkan seo sejatinya memang sangat bergantung pada hasil pencarian di search engine , bukan hanya orang Indonesia , namun mayoritas pelaku online yang ada berbagai belahan bumi . Search engine hanya dipahami sebagai mesin pencari dan saat masuk ke pembahasan mesin pencari maka orang akan langsung tertuju pada google, bing , yandex, baidu dan lainnya. Bagaimana kalau mesin pencari itu tidak ada atau tidak lagi bisa anda andalkan adalah pertanyaan yang harus bisa dijawab mulai sekarang.

Bagaimana dampak yang anda terima ketika teknik seo yang anda lakukan tidak lagi bekerja pada mesin mesin penelusur raksasa hingga anda harus kehilangan pasar spesifik yang selama ini sudah dinikmati tanpa persaingan yang berarti . Lalu apa itu search engine dan mengapa sebagian besar waktu anda dihabiskan untuk merekayasa hasil di puncak pencarian ? Masih banyak pertanyaan pertanyaan seo yang bisa dirincikan , teruslah bertanya dan temukan jawaban yang paling meyakinkan agar kita semua tidak salah dalam mendewakan mesin pencari.

Lalu apa makna semua ini dan bagaimana pertanyaan pertanyaan itu sangat penting dijawab sebelum masuk ke point point seo selanjutnya ? Menurut penulis, mesin pencari adalah blog / website yang kita bangun dan seo adalah segala upaya yang kita lakukan untuk memastikan website dikenal , dipercaya dan mendapatkan tempat terbaik pada calon konsumen tanpa terlalu bergantung pada performa layanan pihak ketiga . Penjabaran akan pemahaman seo ini perlu dikaitkan dengan point ketiga berikut ;

3. Tugas Utama SEO adalah melakukan branding

Apa itu branding ? Secara sederhana branding adalah membangun merk, tidak harus menunggu proses pendaftaran merk sebagaimana yang terjadi pada usaha usaha offline, namun merk itu bisa berupa pengalaman yang sangat mengesankan pada diri orang lain yang mampu anda ciptakan melalui sarana online. Semua teknik dan strategi seo tidak lain ditujukan karena ingin mendapatkan konsumen yang tertarget, sementara konsumen umumnya hanya akan bertindak atas dasar pertimbangan branding , pertimbangan kesan atas suatu merk yang mereka percayai mampu memberikan solusi.

Mengapa orang berbondong bondong menggunakan layanan layanan google , kenapa orang pada kelas tertentu bisa lebih percaya pada merk apple dibandingkan merk merk cina meski dari sisi keunggulan banyak kesamaan ? Salah satu alasannnya adalah karena keberhasilan perusahaan dalam membangun branding yang dahsyat. SEO yang tepat berarti bukan  sekedar mendapatkan konsumen yang ditargetkan , namun konsumen konsumen yang mendapatkan pengalaman terbaik , memberikan penilaian paling mengagumkan di dalam hati mereka.

Pengalaman itu tidak diungkapkan dalam kata kata, namun merasuk ke dalam hati , tindakan dan pikiran para konsumen hingga mereka menjadi pelanggan setia. Apakah branding berarti mesti meminta orang untuk membuat review atau sengaja melakuan rekayasa testimoni agar nampak dipercaya? Itu tidak akan banyak membantu , bahkan bisa menjadi awal kehancuran bisnis online.

Branding di dalam seo berarti memberikan yang terbaik dengan konsistensi secara terus menerus, hal terbaik yang bisa dilakukan tentunya sangat berhubungan dengan bagaimana  anda dalam membangun blog / situs web , apa yang sudah anda berikan pada para pengunjung , jika perlu lakukan evaluasi ulang atas blog dan perbaharui komitmen untuk menciptakan pengalaman terbaik pada semua pihak yang berhubungan langsung dengan website anda.

Dengan proses branding yang tangguh dan tanpa kenal lelah (tapi perlu terus belajar )  maka cepat atau lambat , blog yang kita bangun tidak akan terlalu bergantung pada situs situs pencarian , sebaliknya situs pencari itu sendiri yang akan memberikan imbalan terbaik sesuai dengan parameter pemeringkatan SEO yang mereka miliki. Branding blog / website merupakan satu keharusan , meski berat dan tidak mudah , jauh lebih baik dikerjakan segera karena masa depan website mestinya hanya boleh bergantung pada seberapa keras anda dalam memperbaiki strategi.

4. SEO bukan satu cara untuk menumpuk kata kunci (keyword yang ditargetkan)

Dimasa lalu ,website akan mudah mencapai hasil bagus di situs pencarian ketika mereka memperbanyak kata kunci , mengulang ulang keyword hingga orang yang membaca pun merasa aneh , karena dari struktur penyusunan kalimat terasa sangat rancu dan membingungkan. Keyakinan  bahwa kata kunci sangat menentukan hasil pencarian membuat orang salah dalam memahami seo , mereka menggap kalau seo itu ya menambah sebanyak mungkin kata kunci pada artikel agar nantinya bisa mendapatkan posisi terbaik.

Era penumpukan kata kunci telah mengalami perubahan, seiring dengan perombakan total pada cara mesin pencari dalam memahami isi suatu website. Sebut saja google, mereka sudah mengembangkan algoritma baru dengan formulasi yang lebih baik untuk membasmi web web spam yang bertengger di puncak pencarian. Bagi Google , seo yang berfokus pada penumpukan keyword merupakan bentuk kesia siaan , karena untuk saat ini (termasuk pada tahun 2025 ) , algoritma mesin pencari yang mereka kembangkan bisa memahami konten tanpa harus menyebutkan kata kuncinya secara spesifik.

Bahkan akan sangat berbahaya ketika sebuah  website berupaya memperbanyak kata kunci dan posisi bagus yang sudah dicapai bisa diturunkan ke peringkat yang lebih rendah , dengan satu maksud tidak pernah lagi dikunjungi oleh para pengguna google. Tentunya itu hak dan kebijakan penuh mereka , karena google tetap ingin dipercaya dan akan terus memperkuat branding kalau layanan pencarian mereka memang lebih baik dibandingkan yang lain. SEO bagi google adalah branding , mereka akan fokus untuk membesarkan bisnisnya sendiri dan tak akan memikirkan bagaimana dampak perubahan itu bagi website lain yang bergantung kepadanya.

Lantas berapa jumlah kata kunci yang mesti ditambahkan agar tidak dipandang sengaja memperbanyak keyword pada suatu konten? Tidak ada batasan spesifik , namun para ahli seo ternama merekomendasikan supaya kita menciptakan isi konten yang layak baca , bisa dipahami dan mengedepankan kualitas dibandingkan mengejar kuantitas. Algoritma search engine terbaru tidak akan lagi berpusat pada keyword, namun pengalaman visitor itu yang akan sangat menentukan bagaimana mesin pencari memperlakukan web web yang telah terindex

5. Tak Ada Teknik SEO yang abadi

Strategi dan teknik seo akan terus berubah apa yang berlaku pada 1o tahun lalu boleh jadi sudah tidak relevan dengan harapan dimasa kini. Perubahan dalam seo secara otomatis akan mempengaruhi teknik teknik optimasi yang dikembangkan oleh pengguna. Bagi orang yang terlalu bergantung dengan kehandalan mesin pencari maka akan sibuk merancang strategi baru , karena cara cara lama sudah tidak efektif lagi . Mereka akan mengatur ulang konsep dasar , terkadang harus memulai lagi dari nol.

Tetapi tidak demikian dengan sebagian kecil orang yang sejak awal sudah menyadari kalau penerapan strategi dalam seo pasti mengalami perubahan. Mereka sudah menyiapkan berbagai kemungkinan agar tetap berhasil dengan situs web yang dibangunnya. Beberapa upaya branding dengan model pemahaman seo berbeda telah membantu mereka lebih siap atas perubahan perubahan yang dilakukan oleh situs pencarian, baik perubahan dimasa kini ataupun perubahan yang bisa terjadi dimasa yang akan datang. Siapkan strategi baru anda dengan poin ke enam ;

6. Pahami SEO sebagai alat untuk membangun komunikasi dan mengorganisir  informasi

Sebagian besar orang gagal menerapkan seo karena telah melupakan dua faktor penting yang melatarbelakangi lahirnya seach engine. Strategi strategi seo yang diklaim sangat unggul dan telah mendapatkan beratus ratus testimoni ternyata tak bisa bekerja maksimal . Penyebab kegagalan itu ternyata sederhana , sebagian dari mereka meninggalkan pola komunikasi, dimana komunikasi merupakan kebutuhan terpenting dari semua manusia .

Sebagian pelaku telah terjebak oleh cara cara yang tekotak kotak oleh guideline seo , hingga mengorbankan sesuatu yang sebenarnya ingin dilakukan tetapi karena takut bisa berpengaruh pada hasil pencarian maka mereka lebih memilih untuk memperbanyak informasi tanpa pernah mengkomunikasikannya secara terorganisir kepada calon konsumen (dimana konsumennya adalah manusia ).

Akibatnya , calon konsumen merasa tak punya ikatan dengan apa yang sedang anda maksimalkan , mereka merasa tidak merasa diuntungkan meski anda sudah mati matian menyajikan upaya optimasi itu untuk diketahui oleh konsumen . Ujung ujungnya , seo pun mengalami kegagalan , peringkat yang sudah demikian baik di SERP ternyata belum bisa menjawab kebutuhan utama anda seperti penjualan , perekrutan member baru dan lain sebagainya. Jadi tinjau ulang apakah strategi optimasi seo yang kita kerjakan sudah bisa mengkomunikasikan informasi terpenting yang diperlukan oleh calon konsumen.

7. Persiapkan Konten SEO untuk Calon Konsumen Anda

Mengerjakan langkah langkah praktis didalam seo sampai seorang mampu mencapai peringkat terbaik jauh lebih mudah dibandingkan meyakinkan calon konsumen. SEO 2024 / 2025 bukan hanya masalah mencapai peringkat bagus di mesin pencari , namun perubahan menuntut adanya kemampuan yang lebih tinggi untuk mencapai sasaran sasaran bisnis yang telah ditentukan.

Landasan utama untuk mengerjakan hal tersebut tidak berpusat pada strategi pemeringkatan , tetapi dunia telah menuntut para pelaku yang bisa mengkombinasikan antara pencapaian rangking dengan selling. Peringkat bagus sekaligus penjualan pun berjalan mulus. Untuk melakukan dua pekerjaan berat ini , penerapan teknik lama  tidak akan terlalu membantu , kalau anda selama ini hanya fokus pada bagaimana merangking lalu mendatangkan calon  konsumen maka pola tersebut mestinya diubah. Apa saja yang harus mulai diubah bisa cek point seo ke-8 ;

8. Tinjau Ulang SEO On Page Sampai Tuntas

Istilah seo onpage dapat diartikan secara sederhana sebagai proses mengoptimasi dan membereskan bagian dalam website. Jika digambarkan maka mirip dengan merapikan tempat usaha agar semua tertata dengan baik , mempermudah calon konsumen mengenali produk yang anda jual dan memastikan semua bagian dalam kondisi terbaik. SEO on page bukan hanya masalah menghubungkan satu artikel dengan artikel lain lewat internal link , namun lebih dari itu , seo onpage adalah memperkuat semua bagian yang ada di website anda.

Dalam meninjau ulang kekuatan seo onpage website , seorang bisa mengubah , menambah atau menghilangkan hal hal yang tidak diperlukan. Termasuk menggabungkan beberapa bagian yang nampak tumpang tindih dan bisa mendatangkan kebingungan pada pengunjung. Proses seo onpage hendaknya tidak dilakukan sambil lalu , karena hal itu bisa menurunkan kualitas website dimata calon konsumen. Tanpa harus dijelaskan , konsumen bisa menilai secara langsung dalam sederhana “oh website ini untuk itu ya”.

Untuk memaksimalkan kinerja seo onpage, anda bisa meninjau semua link yang terhubung pada navigasi , link didalam artikel , penempatan link baru dan jangan pernah mengabaikan broken link hingga halaman error 404, internal error 500 dan sejenisnya. Pastikan semua mengarah pada tujuan yang tepat , karena konsumen tidak pernah mau berkompromi dengan website website yang membuat mereka tidak tahu apa yang mesti dilakukan.

Untuk itu , tiap link yang dihubungkan mesti ditambahkan dengan kata kata yang mengarah pada ajakan , bukan hanya memberitahukan . Karena kata kata ajakan lebih punya kekuatan untuk menarik konsumen dibandingkan kata kata yang berisi pengumuman. Perhatikan dua kalimat berbeda di bawah ini , kira kira konsumen akan memilih yang mana ketika pertama kali membacanya :

a. Janda cantik mandiri siap menikah tahun 2018

b. Aku seorang janda cantik sudah menyiapkan mobil dan rumah sendiri. Bagi pria yang siap menikah di tahun 2025 bisa segera menelpon aku di nomor 08*************  ya .

Jika dua duanya dalam bentuk link yang mengarah pada artikel lain maka kemungkinan besar konsumen akan lebih memilih pada bagian (b). Meski janda pertama pun sudah memiliki mobil dan rumah , tetapi karena tidak disebutkan secara spesifik atau salah dalam mendeskripsikan maka janda cantik yang di bagian (b) akan lebih diminati.

Tentu saja link yang dihubungkan memang berisi solusi sebagaimana kata kata yang dideskripsikan dan selalu hindari menghubungkan sebuah link yang sangat berbeda isinya dengan yang diinginkan oleh calon konsumen. Sebab hal itu hanya akan menjadi malapetaka baru bagi kekuatan seo onpage di website anda.

9. SEO Berkaitan Dengan Domain

Ada satu rahasia besar mengapa website website besar dunia sangat cermat dalam menentukan nama domain  dan mereka hanya fokus untuk membesarkan domain dengan ekstensi tld yang hadir sejak awal. Para pelaku besar lebih fokus untuk menggunakan domain domain dengan ekstensi dot com , .net dan .org. Sisanya dipakai sekedar untuk tambahan atau sebagai pelangkap.

Terkait dengan bagaimana pengguna memperlakukan domain , “theguardian” , salah satu situs besar di dunia pun pernah berganti ekstensi dari .co.uk menjadi dot com . Dulunya theguardian menggunakan alamat theguardian.co.uk , namun dikemudian hari (meski saat itu sudah sangat besar ) berubah dan memutuskan untuk menggunakan nama theguardian.com sampai sekarang.

Apakah perubahan itu karena mempertimbangkan masalah seo ? Salah satunya alasannya memang seperti itu, mereka ingin berkembang secara global dan tidak ingin dikenal hanya sebagai website untuk orang orang inggris (dimana pemakaian .co.uk mengacu pada wilayah geografis Inggris). Hal ini bisa menjadi pelajaran penting agar kita pun tidak dibingungkan oleh berbagai ekstensi domain baru yang terus bermunculan.

Jika begitu , apakah domain mesti diganti agar lebih berkekuatan seo ? Tidak , pilihan mengganti mestinya didasarkan pada kebutuhan anda sendiri , karena setiap pergantian akan memunculkan resiko , terlebih untuk pelaku yang sudah lama melakukan branding domain . Hanya saja anda masih bisa meninjau apakah domain yang dipakai saat ini memang benar benar diinginkan atau karena ada tujuan yang tidak sejalan dengan hati anda ? Itu penting dijawab , karena banyak orang hanya fokus memakai aged domain yang mengandung kata kunci dengan harapan bisa mencapai posisi lebih baik. Cek mengapa anda tidak perlu melakukan hal ini di point kesepuluh ;

10. Keyword On Domain Tidak Memberi Banyak Efek Pada SEO

Exact Match Domain (EMD) atau domain domain yang mengandung kata kunci dulunya memiliki peran penting di dalam seo . Namun era sudah berubah dan sistem yang diterapkan pun lebih cerdas , mesin pencari tidak lagi mengutamakan website yang mengandung kata kunci di dalam domain , karena mereka telah mengenali bahwa EMD lebih banyak digunakan untuk spamming ( meski tidak semua exact match domain adalah spam ).

Dimasa lalu , domain bertipe EMD akan lebih cepat memenangkan persaingan meskipun dari sisi kualitas seo kalah jauh dengan domain domain lama. Walau begitu bukan berarti emd tidak berguna , karena meskipun tingkat pengaruhnya sedikit tetap bisa memperkuat upaya seo manakala didukung oleh strategi strategi yang lebih efektif. EMD cukup bagus untuk membangun branding , ambil contoh : jika anda punya toko baju sementara toko anda belum terlalu terkenal maka akan lebih baik menggunakan nama tokobaju.com , tokobaju.net atau tokobaju.org.

Tetapi saat toko sudah terkenal , misal karena anda sudah membangunnya selama berpuluh puluh tahun , bahkan pelanggan dari berbagai daerah , maka akan jauh lebih baik menggunakan nama toko anda. Katakan nama toko anda adalah abcfashion, anda bisa memilih dengan ekstensi abcfashion.com ,  abcfashion.net dan  abcfashion.org . Tidak harus mengambil tiga tiganya , cukup gunakan sesuai kebutuhan dan mulai rancang strategi seo yang tepat supaya toko tetap eksis di ranah digital.

11. SEO Memerlukan Dukungan Kepercayaan Link Yang Bernama Backlink.

Bagi pemain lama di bidang seo sudah tak asing lagi dengan istilah backlink , namun untuk anda yang baru mengenal istilah ini maka backlink bisa diartikan sebagai tautan (link ) dari website lain. Dimana ketika link itu anda klik maka akan menuju pada halaman lain. Dari asal usulnya , backlink dibedakan menjadi dua , yaitu link internal dan link eksternal. LInk internal merupakan jenis link yang dihubungkan pada satu artikel dengan artikel lain dalam sebuah website.Sementara Link eksternal atau external link adalah link yang bersumber dari situs web lain , baik dibuat secara sengaja maupun karena ditautkan oleh orang lain.

Terus seberapa penting backlink itu untuk seo suatu website ? Backlink adalah salah satu unsur eksternal pembangun kekuatan website , meskipun algoritma dan rumus rumus  yang diterapkan oleh mesin pencari berubah , keberadaan backlink tidak pernah berubah. Bahkan backlink merupakan salah satu faktor yang menyebabkan situs situs besar tetap bertahan dan menjadi kekuatan raksasa dunia.

Apakah backlink menjadi bagian yang terpenting dari upaya seo ? Tidak , keberadaan backlink memang penting meski bukan yang terpenting dan jangan pernah percaya dengan siapapun yang mengatakan kalau backlink tak diperlukan lagi didalam seo , sebab sikap itu sama saja mengingkari jika gula rasanya manis. Backlink merupakan serangkaian kombinasi teknik yang perlu dijalankan secara bertahap , jauh lebih baik jika anda membangun backlink dengan pola pola natural , sekaligus hindari perilaku spam dalam memperkuat backlink situs web anda.

Jangan pernah bosan untuk membandingkan kekuatan backlink yang sudah anda bangun (sebaiknya buat data data yang rinci menganai backlink anda ) dan segera bersihkan website dari backlink yang tidak berguna atau telah terindikasi sebagai bentuk spam backlinking. Tetapi apakah membangun backlink dalam jumlah banyak bisa membahayakan cara cara seo yang sudah terlanjur diterapkan ? Tidak ada bahaya selama langkah dan metode seo yang dipraktekkan berjalan natural.

Bahaya lebih banyak muncul manakala seorang sengaja merekayasa dan memanipulasi upayanya semata mata hanya untuk membangun backlink. Dalam kondisi tertentu , backlink bisa tidak memberi imbas apapun akibat lemahnya struktur website , konten konten kurang berkualitas dan perubahan terkini yang menuntut tiap website bekerja lebih keras lagi dalam mencapai posisi terbaik.

12. Keterkaitan SEO dengan Layanan Jejaring Sosial

SEO memang terus berkembang dan dipengaruhi oleh kemunculan layanan situs social share seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Bahkan kemunculan situs jejaring social itu telah menggoda google untuk membuat jejaring sosial tandingan yang dikenal dengan nama google +. Analis analis seo kemudian berspekulasi , apakah seo juga memerlukan keterlibatan media sosial , benarkah konten konten yang mendapatkan jumlah share tinggi akan mampu meraih posisi tinggi juga di mesin pencari ?

Jawaban baru pun bermunculan , tetapi satu fakta terpenting yang layak dipercaya adalah bahwa konten yang dishare lebih banyak belum tentu mencapai posisi bergengsi di mesin pencari. Bahkan beberapa ahli mendapati kenyataan sangat banyak website bertengger di puncak pencarian meskipun tak ada satu pengguna yang membagikannya ke media sosial manapun. Kesimpulan  pun diambil , share ke media sosial hanyalah bagian dari cara konsumen berinteraksi dengan suatu website, tetapi tidak memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan rangking.

Akan tetapi seo tetap memerlukan keterlibatan media sosial , sebab sejatinya media sosial pun merupakan mesin pencari dan banyak digunakan oleh calon konsumen. Media sosial sangat berguna untuk membangun komunikasi , membangun hubungan yang lebih emosional dengan calon konsumen dan meningkatkan kepercayaan audience pada aspek lain bagi website anda. Kalau target utama anda hanya ingin mencapai peringkat di layanan mesin pencari klasik seperti yahoo, google dan bing maka ada share atau tidak sejatinya tak akan begitu berdampak pada hasil pencarian.

13. SEO Adalah Proses Untuk Mempengaruhi Keputusan

Optimasi akan berhasil ketika dikerjakan oleh orang orang yang optimis dalam menghadapi tantangan. Tantangan terbesar bukan berada diluar dirinya  namun sikap mental dan mindset pun sangat berpengaruh. Kata optimasi yang dipakai dalam SEO terkait langsung dengan kata “optimize” dan mengarah pada satu bentuk seni menuju optomized . Siapa dan apa yang ingin anda optimasi memang harus tergambar dengan jelas, jika kesalahan telah terjadi sejak awal maka akan berdampak pada penurunan semangat hingga rasa pesimis terhadap peranan seo itu sendiri.

Jika tujuan optimasi seo diarahkan pada website maka cepat atau lambat anda akan mendapatkan perubahan dari sisi peringkat di hasil pencarian (tetapi peringkat tidak pernah abadi ). Peringkat bisa mengalami perubahan , baik naik maupun turun. Kalau seorang mengerjakan proses optimasi seo yang diarahkan dengan tujuan utama membangun kebaikan pada konsumen ,boleh jadi mereka tidak serta merta mendapatkan peringkat bagus di hasil pencarian , tetapi ia punya daya juang yang luar biasa optimis sampai suatu ketika dirinya mendapati posisi terbaik.

Bagaimana kalau posisi terbaik itu hilang ? Bagi orang orang yang efektif dalam menerapkan proses optimasi maka tidak terlalu merisaukan hilangnya posisi di pencarian , karena mereka tidak bergantung pada bagaimana performa websitenya dimata mesin pencari . Fakta menariknya , tipe pelaku seo pada level ini cenderung mendapatkan kedua duanya , posisi bagus dan memiliki basis visitor yang stabil. Mereka berhasil mempengaruhi keputusan yang diambil oleh visitor hingga kemudian menjadi forever customer (pelanggan selamanya )

14. SEO Dipengaruhi Oleh Kecepatan Tindakan

Siapa yang bertindak lebih cepat maka berpotensi lebih besar untuk mencapai kemenangan, namun cepat saja tidak cukup , kecepatan bertindak mesti dibarengi dengan teknik dan strategi seo yang tepat pula. Mengapa website yang dibangun 7 tahun lalu bisa lebih sukses dibandingkan website website baru meski dari sisi teknik pengembangan hampir sama.

Atau sebaliknya , kenapa website yang sudah dibangun selama bertahun tahun bisa dikalahkan oleh website baru yang notabene baru lahir kemarin sore ? Strategi dan cara pengelola dalam memaksimalkan performa website itulah yang menjadi pembeda antara satu web dengan website lainnya. Namun ada hal menarik disini , bahwa usia website yang terkelola dengan baik akan berpengaruh pada kepercayaan konsumen dan mesin pencari. Bahkan google sendiri memasukan faktor usia domain menjadi salah satu parameter pemeringkatan.

Website dengan domain berusia tua yang teroptimasi dengan bagus akan punya kesempatan lebih besar untuk berada di puncak pencarian. Apalagi ketika pengguna mendapatkan pengalaman terbaik saat mengakses website tersebut , semisal sangat cepat , proses loading wuzz dan ringan. Jadi ambil tindakan lebih cepat dibandingkan orang lain agar anda punya kesempatan lebih besar untuk memperbaiki kelemahan seo yang kurang dimaksimalkan.

15. SEO Membutuhkan Keamanan Data

Keamanan menjadi kebutuhan terpenting di era digital, konsumen akan selalu menimbang ribuan kali ketika mereka diminta untuk memasukkan data data sensitif seperti biodata lengkap dan informasi kartu kredit. Makanya tidak mengherankan ketika mesin mesin pencari terbesar dunia mulai mengubah sistem perangkingan , mereka akan lebih memprioritaskan website website yang telah terenkripsi dibandingkan situs yang belum beralih ke sambungan yang lebih aman (https).

Google , sebagai mesin pencari terbesar dunia terang terangan telah memasukkan unsur keamanan sebagai satu signal seo yang bagus. Perubahan ini pun sedikit banyak berpengaruh pada hasil pencarian dan perlahan website website di dunia mulai berpindah dengan harapan posisi tetap terkendali di SERP. Perubahan ini secara otomatis akan berpengaruh pada upaya anda dalam membangun seo , memperbaiki link link yang sudah dibangun dan proses lain yang tak kalah pentingnya.

16. SEO makin mengarah pada hasil pencarian lokal

Trend seo di tahun 2018 membuka peluang pada pemain lokal untuk memperkuat diri , terlebih kesempatan itu sudah dibuka sejak lama , dimana google akan menyesuaikan hasil pencarian lokal dan bisa berbeda dengan mereka yang berada di area lain. Prinsip itu dikembangan untuk memenuhi standar algoritma , dimana hasil yang ditampilkan harus memenuhi relevansi , kualitas dan memberikan pengalaman terbaik pada pengguna.

Untuk memperkuat seo berbasis pencarian lokal , tiap pelaku seo bisa mengatur ulang websitenya , bukan dengan menambahkan tag tag lokal atau sekedar mencantumkan nama daerah , akan tetapi mengembangkan hubungan yang lebih spesifik dengan target konsumen. Jangan sampai situs muncul di pencarian lokal , namun si konsumen merasa aneh mengapa website anda bisa ada disana, karena hanya akan membuang buang kerja keras saja.

Pastikan ketika anda membangun seo lokal maka telah memiliki dukungan dari sisi tempat , misal sudah membangun tempat yang memungkinkan calon konsumen bertemu langsung. Jika belum memungkinkan untuk melakukan hal itu maka seo lebih baik diarahkan pada konsumen global agar tidak mendapatkan penilaian buruk dari calon konsumen.

17. SEO Berpotensi Untuk Memasarkan Apa Saja Ke Seluruh Dunia

Strategi seo yang jitu telah membuka peluang pada semua orang untuk memasarkan produk dan jasanya ke seluruh dunia. Keberhasilan SEO yang dikembangkan oleh facebook telah membuat layanan periklanan mereka dipakai oleh jutaan orang di dunia. Kesuksesan google dalam membangun kekuatan seo raksasa telah menjadikan mereka sebagai mesin pencari no 1 dunia  demikian juga dengan Amazon .Alibaba dan lainnya. Tanpa dukungan seo yang efektif , mereka tak akan pernah bisa sesukses saat ini

Tentunya bagi kalangan personal tidak harus menetapkan target yang terlalu tinggi dulu , namun bisa belajar merambah pasar luar negeri ketika sudah mampu mencapai hasil bagus di negeri sendiri. Jangan sampai di negeri sendiri saja masih terseok seok namun mengerahkan upaya seo untuk bersaing secara internasional , nanti malah bisa kehilangan semangat dan mencapai kekecewaan. Sebab untuk melangkah ke area yang lebih besar diperlukan persiapan persiapan yang lebih besar pula

18. SEO Dikendalikan Oleh Bahasa Dibandingkan Gambar Visual

Kesuksesan teknik seo terkait langsung dengan penggunaan bahasa yang dipakai oleh pengguna. Website website yang menerbitkan konten konten bahasa Indonesia lebih banyak dikunjungi oleh pengguna dari Indonesia , dimana mayoritas penduduk Indonesia menggunakan bahasa nasional. Demikian halnya dengan situs berbahasa lain , maka kemungkinan besar pengunjung berasal dari bahasa yang dipakai oleh situs web tersebut.

Walaupun demikian , website berbahasa Indonesia bisa saja dikunjungi oleh pengguna dari jerman , belanda, jepang dan lain sebagainya ,mungkin saja mereka memang bisa berbahasa Indonesia atau karena menemukan situs yang telah teroptimasi dari sisi seo , hanya saja sudah salah sasaran , akibatnya ditemukan oleh orang yang tidak tepat pula dan hal ini tentu saja akan menjadi kerugian tersendiri.

19.Lokasi Geografis Berperan Atas Strategi SEO

SEO cenderung lebih berhasil ketika dikembangkan oleh pelaku yang tinggal di lokasi geografis tertentu. Atas dasar alasan ini maka ada benarnya ketika kita akan cukup kesulitan bersaing dengan pemain seo di singapore saat kita hendak menargetkan konsumen dari negara singapura. Sementara pada saat bersamaan sudah banyak pemain lokal yang punya membidik target anda.

Tetapi peluang tetap terbuka untuk menargetkan pasar di lokasi lain , karena pelaku seo sejati akan selalu optimis dan tantangan tantangan berat akan bisa dipecahkan oleh praktisi seo bertangan dingin. Untuk awalan seorang pemula di bidang seo tidak harus membuat banyak target , cukup satu target saja dan kerjakan dengan semangat terbaik. Bagaimanapun seo adalah masalah sikap , seo yang benar butuh kekuatan mental yang benar pula. Dengan ketangguhan mental , anda bisa keluar sebagai pemenang diluar perhitungan lawan.

Dari serangkaian sedkit penjelasan  seo yang bisa thedigital sampaikan , ada satu kesimpulan penting untuk para pembaca dan bisa diingat untuk selama lamanya. “SEO hanyalah salah satu teknik dalam memaksimalkan kinerja website agar mencapai sasaran, jangan pernah melakukan upaya seo ketika anda belum menciptakan tujuan saat dalam membuat blog atau buat tujuan anda segera di hari ini .

Atau jika anda memerlukan jasa seo yang telah teruji bisa cek disini, jangan.sungkan untuk mengontak kami . Terima kasih atas kunjungan anda , semoga Tuhan selalu melimpahkan kesuksesan baru di tahun 2024, 2025 dan seterusnya . Amiin

Cara Beli Domain Dari Kami

√ Klik tombol Buy Now , cek pesanan anda dan lanjutkan untuk melengkapi data checkout . Jangan lupa cantumkan nomor whatsapp anda

√ Berikutnya klik place order untuk membuat pesanan , lalu selesaikan pembayaran melalui transfer bank. Gunakan rate tukar USD ke IDR dengan konversi terbaru

√ Penting ... !!! Tambahkan sedikit , misal $3 atau $5 dari jumlah yang harus dibayar agar order anda terproses dengan lebih cepat

√ Bayar melalui transfer bank dari bank bank yang ada di Indonesia. Jika beda bank , gunakan kode antar bank sesuai ketentuan ATM Bersama.

metode bayar escrow domain beli jual

√ Konfirmasikan pembayaran anda melalui whatsapp yang tercantum pada detail order domain yang anda pesan. Nomor whatsapp kami akan muncul otomatis ketika anda telah menyelesaikan order

√ Pastikan untuk menyertakan screenshot pembayaran , sebutkan nomor order / order number dan nama domain yang anda beli ketika melakukan konfirmasi

Pembayaran dan pesanan anda akan segera diproses dalam 1x24 jam sejak bukti transfer selesai divalidasi oleh TheDigital.id. Jika jumlah yang dibayarkan kurang dari yang ditentukan, maka order akan tertunda dan tidak akan diproses hingga dilunasi. Lebihkan $3 hingga $5 ketika anda melakukan pembayaran

the digital identity pandi indonesia usa united states

Untuk proses selanjutnya bisa dikomunikasikan secara langsung melalui whatsapp . Pemindahan domain membutuhkan waktu dengan estimasi paling lama 1x24 jam sejak pembayaran terkonfirmasi. Terima kasih

Need instant help to buy any domain

You Can Contact Us Now

Whatsapp : Online : Chat With Us Now Click Here

Email : [email protected]

Phone :  Speak with us now

SMS : Send Short Message Here